Sabtu, 29 Januari 2011

Cantengan?

Assalamu'alaikum.. 
Wah apa kabar nih? Moga baik2 aja. Kali ini saya akan membahas tentang cantengan.
Cantengan? Pasti pernah denger kan? Atau jangan2 pernah ngalamin? Duh, jangan nyampe deh. Abis rasa sakitnya nyiksa banget. Cantengan itu pembengkakan di sela2 kuku (pinggir bagian dalemnya) jempol kaki akibat dari tusukan duri, sengatan/gigitan serangga berbisa maupun potongan kuku yang menancap. Itu sih masih mending, cantengan itu (parahnya) bahkan bisa menyebabkan nanah disekitar kuku (hii..). Cantengan ini akan terasa sakit sekali, dan kadang-kadang dapat menimbulkan demam. 

Cantengan ini disebabkan oleh pertumbuhan kuku baik pada jari jempol atau pun jari lainnya yang kurang baik sehingga menusuk kulit halus di samping kuku tersebut sehingga menimbulkan luka. Bisa juga disebabkan infeksi karena tekanan atau gesekan kuku dengan daging jempol. Hal ini bisa disebabkan karena pertumbuhan kuku yg melengkung ke dalam, atau karena tekanan pada jempol kaki karena sepatu terlalu sempit di bagian depan. Luka tersebut biasanya akan membengkak karena terinteksi oleh kotoran dan kuman-kuman di sekitarnya. Kelamaan, luka tersebut akan terasa sangat sakit yang dapat merusak konsentrasi bahkan kepercayaan diri dapat terganggu. Kenapa? Karena hal ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan jika tidak segera diobati bisa menimbulkan rasa sakit disepanjang waktu bahkan sepanjang hidup kita.
Untuk pencegahan pastikan selalu memotong kuku dengan baik dengan tidak meninggalkan pola potongan yang tajam dan berpotensi menimbulkan cantengan pada jari tangan maupun kaki yang baru. Usahakan juga untuk tidak memotong kuku terlalu. Akan tetapi bila sakit berlanjut saya sangat sarankan hubungi dokter.

Namun jika cantengen ini sudah 'menggerogoti' jari anda jangan biarkan ini berlanjut. Biasanya, luka tersebut akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat sepanjang waktu dan bahkan sepanjang hidup anda jika tidak segera diobati. Namun di dunia ini gak ada koq yang gak bisa disembuhin. mau tahu caranya?

Sebenernya gak butuh uang banyak, usaha lebay, obat bius, dokter bedah ahli, bodyguard, pangkat jenderal, dll (lho apa hubungannya ya?). Pokoknya yang dibutuhkan hanyalah (dibawah ini):
  1.  SEMBUH TOTAL + EXPRESS
  • SIAPKAN MENTAL. Proses ini akan sangaaaaaaaat sakit yang mungkin bisa berhari-hari serta mengeluarkan sedikit darah dan nanah. Namun rasa sakit itu akan terbayar dengan jari anda menjadi normal kembali. PIKIRKAN DAHULU TEKNIK yang akan gunakan. Dalam proses tersebut mungkin akan memakan waktu lama, karena mungkin kuku yang menancap terdapat pada lokasi yang dalam dan anda harus berusaha ekstra keras dengan tambahan rasa sakit. Jadi BIASAKANLAH dengan rasa sakit yang ada, sambil memikirkan masa depan yang cerah menanti anda! ^_^
  • SIAPKAN PERLENGKAPAN yang dibutuhkan. Seperti Silet, Gunting Kuku, Jarum, Antiseptik, Kapas, Tisu, dan sebagainya sesuai kebutuhan. PASTIKAN SEGALANYA STERIL!
  • DO IT. Cara adalah melenyapkan bagian kuku yang menancap baik pada jempol maupun jari lain di kaki dan tangan anda. Cara ini bisa anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang lain seperti dokter, teman atau kerabat. Pastikan alat yang 
  • OBATI. Setelah kuku yang menusuk kulit berhasil diangkat dan disingkirkan, selanjutnya obati luka yang membengkak serta luka baru yang mungkin terbentuk ketika membuka jalan. Beri obat luka luar yang aman dan bebas merkuri dan biarkan tetap terbuka hingga sembuh. Mungkin pada awalnya menimbulkan rasa sakit yang tidak jauh berbeda dari awal sebelum membuang bagian kuku yang menancap, namun dalam beberapa hari ketika bengkak mulai menghilang maka rasa sakit pun akan berkurang dan akhirnya akan menghilang.
  • Kalo mau yang lebih terjamin, datanglah ke klinik-dokter-atau Rumah Sakit dan lakukan cabut kuku (extractie) bisa keseluruhan atau sebagian. Selanjutnya tinggal minum obat antibiotik dan anti nyeri.
     2.   ALAMI  
  • DIPERBAN dengan parutan jahe yang dicampur dengan sedikit minyak kelapa dan sudah di panggang
    di atas api (jangan sampai kering) dalam keadaan masih hangat. Gantilah perban pada pagi dan sore dan dilakukan selama 3 hari sampai kukunya lepas.
  • 2-3 siung bawang merah digiling. Kemudian bubuhilah kira-kira 1sendok makan minyak kelapa. balutkan dengan daun pisang .lalu sangrai sampai daunnya layu BALUTKAN pada jari-jari yang cantengan dengan menggunakan perban. Lakukan 2-3 kali sehari dalam 3 hari.
  • Cara ini mungkin lebih lama dan belum tentu berhasil dibanding cara pertama

TIPS2 pas dah sembuh:
- Hati2 waktu potong kuku (terutama bagian pinggir), jangan terlalu dalam atau meninggalkan pola tajam.
- Gunakan sepatu yg longgar di depan (jangan yang lancip).
- Bila penyebabnya karena kuku yg tumbuh ke dalam (ke arah daging) segera hubungi dokter..
- Jangan lupa saat mandi harus selalu menyikat sela kuku sampai bersih dengan sikat lembut.

Oh ya, cara n tips2 di atas tidak selalu berhasil pada semua orang. Meskipun demikian kita tetap harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan (terutama hal2 kecil seperti kuku ini). Tidak harus mahal untuk sembuh. Karena kesehatan adalah dasar hidup bahagia dan salah satu karunia terbesar dari Alllah SWT.


 Sumber:
+ My Inspirations
- www.organisasi.org
- www.id.answers.yahoo.com

Udah Baca Belum?



0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58

Posting Komentar

Kritik, Saran, Perbaikan, atau Masukannya dong..